Sosialisasi Penataan Tata Laksana (Business Process) bagi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2017

Salah satu area perubahan dalam reformasi birokrasi yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah adalah penataan tata laksana. Tata laksana secara sederhana kita artikan sebagai bisnis proses yang merupakan sekumpulan aktivitas kerja terstruktur dan saling terkait yang menghasilkan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Penataan tata laksana (business process) dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses, dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien dan terukur pada masing–masing pemerintah daerah. Muara dari penataan atau perbaikan tata laksana (business process) ini salah satunya adalah pembuatan atau perbaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) termasuk didalamnya perbaikan standart kinerja pelayanan.

Penataan tata laksana dilakukan melalui serangkaian proses analisa dan perbaikan tata laksana antara lain :

Pembuatan atau perbaikan Standar Operating Procedure (SOP), termasuk di dalamnya perbaikan standar kinerja pelayanan

Perbaikan struktur organisasi terkait tupoksinya

Pembuatan atau perbaikan uraian pekerjaan (job descriptions). Yang nantinya akan dipakai sebagai pedoman/acuan pemerintah daerah untuk memperbaiki Standard Operating Procedures (sop) yang sudah ada yang terintegrasi dalam satu ruang lingkup pemerintah daerah.

Pada tanggal 31 Maret 2017, Bagian Organisasi mengadakan sosialisasi penataan tata laksana (business process) bagi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2017 yang bertempat di Ruang Puri Manggala Bhakti Kantor Walikota Probolinggo. Sosialisasi penataan tata laksana (business process) bagi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo diikuti oleh 80 peserta dari kasubbag. Program/kasubag tata usaha dengan didampingi oleh satu orang staf seluruh organisasi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

 

DOWNLOAD MATERI


 

LAST_UPDATED2