Koordinasi Rencana Kerjasama SKM dengan PDPM ITS Surabaya

Salah satu upaya evaluasi kualitas pelaksanaan pelayanan publik adalah dilaksanakannya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Salah satu upaya evaluasi kualitas pelaksanaan pelayanan publik adalah dilaksanakannya Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang menghasilkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Melalui survei ini diharapkan mendorong partisipasi masyarakat khususnya masyarakat Kota Probolinggo sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan serta mendorong penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan pengembangan melalui inovasi-inovasi pelayanan publik. Selain itu IKM adalah salah satu Indikator Kinerja Utama Pemerintah Kota Probolinggo pada dokumen RPJMD yang setiap tahunnya harus diukur.

Secara berkala masing-masing unit pelayanan publik di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat baik secara internal maupun eksternal. Akan tetapi setelah dilaksanakan evaluasi Laporan Hasil SKM didapatkan beberapa catatan sebagai berikut :

  1. Hasil SKM belum benar-benar mencerminkan tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan, dikarenakan metode survei yang digunakan belum disesuaikan dengan kondisi setiap unit pelayanan publik;
  2. Rekomendasi perbaikan atas hasil SKM masih bersifat normatif, belum menyajikan secara detail aspek-aspek apa saja yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan;
  3. Keterbatasan anggaran pada masing-masing unit pelayanan publik menjadi kendala pelaksanaan SKM dikarenakan membutuhkan sumber daya manusia dan anggaran yang cukup.

Mengingat bahwa hasil SKM juga sangat diperlukan sebagai bahan penyusunan LKjIP, Laporan Penerapan Reformasi Birokrasi, LPPD dan LKPJ maka melalui Bagian Organisasi Setda Kota Probolinggo pada Tahun 2021 bekerjasama dengan Pusat Kajian Potensi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat (PDPM) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

LINK TERKAIT